Inilah Industri Terbesar Yang Ada Di Negara Jepang

Indeks produksi industri mengukur tren dalam output manufaktur, pertambangan, dan utilitas Jepang. Output mengacu pada kuantitas fisik barang yang diproduksi, tidak seperti nilai penjualan, yang menggabungkan kuantitas dan harga. Indeks ini mencakup produksi barang untuk penjualan domestik di Jepang dan untuk ekspor.

Tidak termasuk produksi dalam pertanian, konstruksi, transportasi, komunikasi, perdagangan, keuangan, dan industri jasa; hasil pemerintah; dan impor. Indeks IP kemudian dikembangkan dengan menimbang setiap komponen sesuai dengan kepentingan relatifnya dalam periode dasar.

Industri Di Jepang

Jepang memiliki ekonomi berorientasi pasar dan sangat maju. Ini merupakan negara ke-3 dengan PDB nominal terbesar dan menempati urutan ke-4 terbesar dalam PDB berdasarkan paritas daya beli. Negara ini memiliki ekonomi paling maju kedua di dunia dan merupakan anggota negara-negara Kelompok Tujuh (G7).

Menurut IMF, Jepang berada di peringkat 28 dunia dengan GDP (PPP) tertinggi di $ 37.519 pada 2014. Jepang juga merupakan produsen mobil terbesar ke-3 dan memiliki industri elektronik dan barang terbesar di mana ia secara konsisten memiliki peringkat di antara negara-negara top di dunia.

Memimpin dalam berbagai tindakan seperti pengajuan paten. Saat ini, Jepang telah fokus dalam pembuatan barang presisi dan teknologi tinggi seperti kendaraan hibrida, robot dan instrumen optik. Negara itu terdiversifikasi karena menghadapi persaingan ketat dari negara-negara tetangga Korea Selatan dan Cina.

Beberapa kawasan industri terkemuka di Jepang termasuk Kanto dan wilayah Kansai, selain itu ada banyak pusat produksi klaster yang tersebar di seluruh pulau Jepang. Negara yang sekarang menjadi negara kreditor terbesar di dunia ini secara konsisten menjalankan surplus perdagangan dan surplus investasi internasional.

Pada 2010 negara ini memiliki 13,7% dari semua aset keuangan swasta di dunia senilai $ 13,5 triliun sebagai peringkat ketiga terbesar. Pada 2015 Jepang adalah rumah bagi 254 dari 500 perusahaan global yang kaya dan ini merupakan penurunan dari Posisi 62 pada 2013.

Rasio utang publik terhadap PDB di Jepang adalah di antara yang tertinggi dari semua negara maju di dunia dan utang nasional di negara itu sebagian besar dimiliki oleh warga negara Jepang.

Industri terbesar di Jepang adalah sebagai berikut:

  • Industri Pertanian

Pertanian di Jepang memainkan peran penting dan memberikan kontribusi sekitar 1,4% dari PDB nasional dan sekitar 12% dari tanah di negara ini cocok untuk pertanian. Negara ini tidak memiliki tanah yang subur dan oleh karena itu sistem teras digunakan di daerah-daerah kecil.

Jepang adalah salah satu penghasil beras terbesar dan karena itu pedesaannya dipenuhi sawah

Sebagai akibatnya, Jepang memiliki tingkat hasil panen tertinggi per satuan luas di dunia dan total rasio kemandirian pertanian sekitar 50% pada lahan pertanian kurang dari 14 juta acre. Sektor pertanian skala kecil Jepang sangat dilindungi dan disubsidi oleh pemerintah dengan beberapa peraturan dan undang-undang yang mendukung pertanian skala kecil sebagai lawan pertanian luas seperti halnya di daerah lain seperti Amerika Utara.

Jepang memiliki populasi yang menua dan ini menjadi perhatian karena mayoritas petani skala kecil berusia lanjut. Beras di Jepang menyumbang hampir semua produksi sereal negara itu dan negara tersebut adalah importir produk pertanian terbesar ke-2 di dunia.

Beras adalah tanaman pertanian yang paling dilindungi di Jepang dan dikenakan tarif hingga 777,7%. Negara ini mengimpor kedelai dan gandum dalam jumlah besar dan merupakan pasar ke-5 terbesar untuk ekspor pertanian Uni Eropa. Jepang juga menanam apel karena pembatasan impor apel dan sekitar 90% jeruk mandarin berasal dari Jepang.

  • Industri Manufaktur

Industri manufaktur di Jepang adalah yang paling terdiversifikasi dengan berbagai industri maju yang sangat sukses. Industri manufaktur di negara ini menyumbang sekitar 24% dari PDB negara itu dan sebagian besar industri manufaktur terkonsentrasi di wilayah Kanto yang mengelilingi kota Tokyo dan wilayah Kansai yang mengelilingi kota Osaka.

Ada juga wilayah Tokai yang mengelilingi kota Nagoya. Pusat industri lainnya di negara ini termasuk Honshu yang berada di wilayah barat daya negara itu dan Shikoku di bagian utara negara di sekitar Laut Pedalaman Seto. Di bagian utara negara itu adalah pusat industri Kyushu.

Jepang telah berhasil menjadi pemimpin dalam pengembangan teknologi di berbagai bidang manufaktur yang meliputi semikonduktor, elektronik konsumen, serat optik, manufaktur mobil, optoelektronika, mesin fotokopi, faksimili dan media optik. Negara ini juga merupakan pemimpin dalam proses biokimia dan fermentasi dalam industri makanan.

Saat ini, perusahaan-perusahaan di Jepang menghadapi persaingan ketat dari pesaing yang bermunculan di Cina, Korea Selatan dan bahkan Amerika Serikat. Manufaktur kendaraan bermotor di Jepang adalah salah satu subsektor yang paling sukses dan menikmati sebagian besar pasar dunia dan negara ini sekarang memproduksi ban, suku cadang kendaraan dan manufaktur mesin di antara komponen lainnya.

Beberapa perusahaan kendaraan bermotor di Jepang termasuk Toyota, Honda, Nissan, Suzuki, Mazda, Mitsubishi, Isuzu dan Subaru. Ada juga perusahaan sepeda motor seperti Kawasaki, Yamaha, Suzuki dan Honda.

  • Industri Perikanan

Penangkapan ikan di Jepang telah menjadi kegiatan ekonomi yang signifikan selama beberapa tahun dan pada tahun 1996 negara tersebut menempati peringkat negara penangkap ikan terbesar ke-4 di dunia. Pada tahun 2005, negara tersebut menangkap sekitar 4.074.580 metrik ton ikan yang merupakan penurunan dari 4.987.703 metrik ton pada tahun 2000.

Pada tahun 1999, negara tersebut menangkap 9.558.615 metrik ton ikan, sedangkan pada tahun 1980, negara tersebut menangkap 9.864.422 ton ikan. Penangkapan ikan lepas pantai di Jepang menyumbang sekitar setengah dari total ikan negara yang ditangkap pada 1980-an.

Jepang memiliki industri perikanan yang sangat besar

Biaya penangkapan menggunakan penggunaan jaring yang ditetapkan, perahu kecil, atau teknik pengembangbiakan yang menyumbang sekitar 1/3 dari total penangkapan di negara tersebut. Kapal berukuran sedang yang menangkap ikan di pantai merupakan lebih dari 1/2 dari total produksi ikan di Jepang.

Di sisi lain, penangkapan ikan dalam dari kapal besar merupakan bagian yang tersisa dari total penangkapan ikan di negara tersebut. Beberapa makanan laut yang ditangkap termasuk kepiting, mackerel, tuna, sarden, pollock, salmon saury, kerang, trout, dan cumi-cumi di antara spesies makanan laut lainnya.

Penangkapan ikan air tawar di Jepang termasuk spesies seperti trout, salmon. Peternakan ikan dan tempat penetasan merupakan 30% dari industri perikanan di negara ini. Di Jepang, ada sekitar 300 spesies ikan di berbagai sungai di negara ini dan beberapa ikan di sungai-sungai ini termasuk chub, ikan lele, ikan haring dan makhluk air tawar lainnya seperti udang karang, kepiting, dan lobster.

Jepang melakukan akuakultur laut dan air tawar memiliki 47 prefektur di negara ini. Jepang memiliki armada penangkapan ikan terbesar di dunia yang menyumbang sekitar 15% dari total tangkapan di dunia dan ini telah mengarah pada pernyataan bahwa penangkapan ikan Jepang telah menyebabkan menipisnya stok ikan seperti tuna.

  • Pariwisata

Pariwisata di Jepang sudah menjadi industri yang berkembang selama bertahun-tahun dan pada 2012 negara ini menerima lebih dari 8,3 juta pengunjung dari seluruh dunia dan itu menjadi negara yang paling banyak dikunjungi di seluruh wilayah Asia dan Pasifik.

Pada 2013, kedatangan turis di negara itu melonjak menjadi 11,25 juta turis dan ini adalah hasil dari pelemahan yen dan kemudahan memperoleh visa di antara negara-negara di Asia barat daya. Olimpiade musim panas 2020 akan diadakan di Tokyo Jepang dan pemerintah memproyeksikan akan menerima sekitar 20 juta pengunjung setiap tahun pada saat itu.

Beberapa tempat terkenal di negara ini termasuk daerah Shibuya, Shinjuku, Asakusa dan Ginza di Tokyo. Tempat-tempat wisata favorit lainnya termasuk kota Kyoto dan Osaka. Hokkaido juga merupakan tujuan terkenal bagi para wisatawan dan memiliki banyak resor ski dan hotel mewah dengan beberapa dibangun di sekitar daerah tersebut. Kastil Himeji juga merupakan objek wisata populer di negara ini.

  • Industri Penting Lainnya

Industri penting dan besar lainnya di Jepang termasuk pertambangan dan eksplorasi minyak bumi dan deposit besar logam tanah telah ditemukan di daerah pesisir Jepang. Industri jasa juga memainkan peran penting dalam perekonomian dan menyumbang sekitar tiga perempat dari total output dalam perekonomian.

Para pemain utama dalam industri jasa termasuk real estat, asuransi, ritel, perbankan, telekomunikasi dan transportasi dan beberapa pemain utama di industri ini termasuk perusahaan seperti Mitsubishi Estate, Mitsui Sumitomo, Mizuho, ​​NTT, maskapai Softbank Jepang dan Nomura.

Negara ini memiliki 251 perusahaan Forbes global 2000 yang mewakili sekitar 12,55%. Tokyo Stock Exchange adalah bursa efek terbesar ke-3 di dunia dalam hal kapitalisasi pasar dan ini adalah yang terbesar kedua di Asia yang memiliki 2.292 korporasi terdaftar.

Bagaimana menurut anda mengenai perundistrian di Negara Jepang ini? Anda pasti tau bahwa jepang ini merupakan salah satu Negara maju. Jepang mulai memanfaatkan tenaga kerja yang berkualitas tinggi, juga mengembangkan teknologi yang berasal dari luar negara Jepang. Sehingga perindustrian Jepang mengalami perkembangan yang cukup pesat tanpa meniru dari negara di luar Jepang karena Jepang memiliki konsep sendiri dalam memajukan perindustrian mereka. Seperti yang sudah saya di jelaskan di atas. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan anda.