Penjelasan Mengenai Sistem Politik Republik Federal Jerman

Sistem politik pada dasarnya adalah struktur untuk memutuskan, memerintah, mengimplementasikan dan mengesahkan kebijakan dan prosedur kepada warga suatu negara. Setiap negara memiliki sistem politik mereka sendiri dikembangkan atau dirancang dimana kebijakan, prosedur dan peraturan perundang-undangan untuk menjalankan negara dan warga negara.

Setiap negara memiliki semacam keunikan dalam pembentukan sistem politik dan bagaimana membentuk kebijakan, prosedur dan mengatur negara. Tidak seperti AS, Jerman memiliki sistem politik sendiri untuk menjalankan negara. Jerman adalah negara sistem parlementer federal.

Ini memiliki komponen sistem politik yang berbeda dan mereka adalah konstitusi, eksekutif, legislatif, peradilan, negara yang berbeda, terdiri dari berbagai partai politik. Seperti semua sistem politik lainnya, sistem parlementer juga memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri. Untuk penjelasan lebih dalam lagi mengenai politik di Negara Jerman, silahkan simak ulasan berikut.

Konstitusi

Hukum dasar tanah di Jerman adalah konstitusi. Konstitusi Republik Federal Jerman disahkan setelah Perang Dunia II pada tahun 1949. Jerman adalah negara sosial demokrat. Dalam konstitusi, hak-hak dasar warga negara Jerman dijamin. Semua otoritas federal dan negara bagian terikat oleh konstitusi.

Mereka tidak dapat melakukan apa pun yang bertentangan dengan apa yang tertulis dalam konstitusi. Itu adalah konstitusi yang telah membentuk sistem parlementer yang demokratis di Jerman. Setelah konstitusi ditulis, itu membantu memisahkan kekuasaan Jerman menjadi cabang eksekutif, legislatif dan yudikatif. Konstitusi ini membantu semua cabang ini untuk menjaga checks and balances untuk menjalankan negara.

Eksekutif

Cabang eksekutif pada dasarnya terdiri dari kepala negara dan kepala pemerintahan. Kepala negara adalah presiden. Dan presiden ini sebagian besar seremonial, tetapi presiden seremonial juga bertanggung jawab dalam mewakili negara, keberadaan negara dan penyebabnya yang sah dan kesatuan keseluruhan negara-negara di negara tersebut.

Presiden juga memiliki kekuatan untuk mempraktikkan politik dan menerapkan hukum dan ketertiban di negara itu ketika ada krisis di parlemen dan anggota kabinet mereka juga bertanggung jawab untuk menangani masalah-masalah internasional, menandatangani perjanjian dalam situasi ketika sistem parlementer tidak stabil.

Dan ini semua ditulis dalam konstitusi. Presiden dipilih oleh anggota tim legislatif. Presiden dipilih untuk masa jabatan dua periode dan lima tahun untuk jangka waktu maksimum. Kepala pemerintahan adalah kanselir federal. Di Jerman, kanselir federal adalah orang yang bertanggung jawab untuk menjalankan pemerintahan dan keseluruhan kebijakan dan politik negara.

Kanselir republik federal Jerman bertanggung jawab atas parlemen negara itu. Hal tersebut Adalah tanggung jawab rektor untuk memilih anggota kabinet untuk pemerintah.

Badan legislatif

Legislatif adalah cabang lain dari pemerintah parlemen federal Jerman. Majelis legislatif dibagi menjadi dua juara dan mereka adalah Bundestag dan Bundesrat serta sistem bikameralnya. Bundestag dan Bundesrat adalah majelis rendah dan majelis tinggi sistem politik Jerman.

Anggota Bundestag dipilih untuk masa jabatan empat tahun di pemerintahan. Bundestag akan memiliki lebih dari 598 anggota perwakilan. Majelis-majelis rendah saat ini memiliki 622 anggota. Diperlukan oleh partai untuk memiliki setidaknya lima persen suara nasional di Bundestag untuk mendapatkan kursi.

Majelis tinggi parlemen Jerman disebut Bundesrat. Bundesrat adalah perwakilan dari semua negara bagian lain di negara ini. Mereka ditunjuk oleh kabinet negara dan dapat menghapusnya kapan saja jika mereka mau. Negara bagian memilih perwakilan untuk bertugas di Bundesrat.

Jumlah anggota rumah di Bundesrat lebih kecil dari Bundestag. Majelis rendah parlemen memiliki kekuasaan dan wewenang untuk memveto undang-undang tingkat negara bagian dan yang pada akhirnya akan mempengaruhi kekuasaan pemerintahan di tingkat negara bagian.

Pengadilan

Sistem peradilan republik federal Jerman bertanggung jawab untuk menafsirkan, menjelaskan dan menerapkan hukum ke negara dan negara-negara lain. Sistem peradilan Jerman mempraktikkan hukum sipil. Sistem peradilan Jerman memiliki tiga sistem pengadilan dan mereka adalah pengadilan biasa, pengadilan khusus dan pengadilan konstitusional federal.

Pengadilan biasa pada dasarnya bertanggung jawab untuk menangani kasus pidana dan perdata. Pengadilan federal Jerman adalah pengadilan tertinggi di negara ini. Ini juga merupakan pengadilan banding tertinggi yang sebagian besar kasusnya disidangkan di pengadilan tinggi untuk disidangkan oleh hakim federal.

Sistem pengadilan khusus di Jerman menangani masalah-masalah yang berkaitan dengan administrasi, hukum perburuhan, hukum sosial, anggaran dan hukum keuangan dan hukum paten. Setiap kasus yang terkait dengan masalah ini diarahkan ke pengadilan khusus di Jerman.

Pengadilan federal Jerman tertinggi disebut sebagai pengadilan konstitusional dan pengadilan ini berfokus pada sistem peradilan dan masalah konstitusional apa pun. Jika ada masalah yang terkait dengan konstitusi pemerintah federal, Mahkamah Konstitusi Federal akan terlibat.

Negara Serikat

Jerman dibagi menjadi enam belas negara bagian. Itu juga disebut Landers. Pemerintah Jerman memiliki konstitusi federal, semua kedaulatan diberikan kepada negara dan mereka mengelola dan mengatur urusan tingkat negara bagian yang mematuhi konstitusi federal.

Karena populasi di negara-negara ini tidak sama dan karena itu dapat bervariasi, ukuran dan wilayah negara-negara ini juga bervariasi. Setiap negara bagian memiliki modal sendiri dan memiliki pemerintah daerah dan daerah sendiri untuk mengatur rakyat negara bagian.

Partai-partai politik

Di negara-negara demokratis akan ada partai politik untuk mencalonkan diri untuk pemerintah. Dalam pemerintahan parlemen federal Jerman ada dua partai politik besar dan mereka adalah Centre-Right dan Centre-Light. Centre-Right memiliki dua partai lain dan mereka adalah Christian Democratic Union dan Christian Social Union.

Kedua pihak ini beroperasi secara berbeda dan mereka beroperasi dengan anggapan negara. Partai Centre-Light adalah Partai Sosial Demokrat. Ada partai-partai lain juga dan mereka disebut sebagai Partai Light dan Partai Green Jerman. Partai politik saat ini dipimpin oleh pemerintahan adalah Christian Democratic Union (CDU).

Angela Merkel adalah kepala pemerintahan Republik Federal Jerman saat ini. Saat ini Joachim Gauck menjabat sebagai kepala negara bagian di Jerman.

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Parlemen

Setiap sistem politik memiliki kekuatan dan kelemahan. Sistem politik dalam sistem parlementer federal juga memiliki kekuatan dan kelemahan. Satu keuntungan dari sistem politik parlementer adalah bahwa cabang eksekutif bergantung pada Bundestag dan Bundesrat dan mudah dan cepat untuk mengesahkan undang-undang yang diusulkan.

Kelebihan adalah bahwa kekuasaan eksekutif dibagi menjadi beberapa negara bagian dan tidak sepenuhnya terkonsentrasi pada kepala pemerintah federal. Kekuatan paling signifikan yang saya suka didasarkan pada serangkaian debat, itu dapat mengubah kekuasaan tanpa pemilihan dan kemudian memungkinkan pemilihan diadakan setiap saat, jadi ada fleksibilitas jika perlu.

Salah satu kelemahan sistem parlementer adalah bahwa kepala pemerintahan, rektor tidak dipilih secara langsung. Juga, tidak ada kelompok atau badan yang menentang legislasi yang disahkan oleh parlemen. Cabang eksekutif dan cabang legislatif terkait erat dan cek selain itu keseimbangan di antara mereka buruk.

Ada kemungkinan memiliki konstitusi informal. Terkadang kekuatan cadangan digunakan yang tidak demokratis dan dapat menyebabkan krisis dalam konstitusi. Mungkin juga bahwa sistem parlementer dapat mengembangkan otoritas politik dari cabang eksekutif.

Sistem politik Republik Jerman sangat menarik. Sistem politik Jerman adalah sistem yang cukup terdesentralisasi dimana sistem tersebut dikategorikan menjadi eksekutif, legislatif, yudikatif dan kabinet. Dalam sistem ini, orang akan memilih undang-undang, badan hukum memilih eksekutif dan badan eksekutif menghasilkan kebijakan publik.

Ada sisi baik dan sisi buruk dari sistem politik parlementer. Sistem peradilan Jerman disebut hukum dasar negara. Ada berbagai partai politik di Republik Jerman dan semua dapat berpartisipasi dalam proses politik dan terlibat dalam proses pemilihan. Di Jerman, kanselir adalah kepala pemerintahan dan presiden adalah kepala keenam belas negara bagian. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan anda.